Senin, 17 Oktober 2011

Pancake Syuran korea (Pajeon- 파전)

 Pertama kali kenal makanan ini waktu acara variety show invincible youth season 1 tahun kmaren. pas itu kim shinyong salah satu host nya yang cuby dan lucu banget ternyata tangannya yang tembem itu pinter masak. dia tuh lincah banget waktu motong-motong daun bawang, gak keliatan kaku sama sekali. akhir bulan ini bakalan ada season duanya di kampung nelayan katanya dan gak ada kim shinyongnya lagi. tau deh gimana acaranya. oke, balik lagi pas di season satu itu akhir dari setiap episode adalah mereka makan malam bersama. jadi yang biasanya dapet tugas untuk tinggal dirumah dan masak makanan itu si shinyoung dkk. pancake sayuran sering banget dibuat. paling sering isinya adalah kimchi yang gak masuk dalam selera lidah gw itu. jadilah kali ini gw bikin yang isinya sayuran segar. oke, ini resepnya dan gw bikin spicy makanya gak perlu bikin saosnya lagi. karena ini menggunakan minyak sangat minim biar gak gosong doang jadi lumayan beda sama bakwannya indonesiah gitu. makanya pas banget kemaren gw bikin pas gak pengen makan nasi sama sekali. jadi karbohidrat dari tepunya, serat dari sayurannya dan protein dari telurnya. so, makan nasi hanya kebiasaanya saja. kemarin buktinya seharian gw gak nyentuh nasi, ea..
Bahan-bahan:
- telur 1 buah
- air satu gelas 
- tepung terigu 6 sdm
- gochujang aka cabe giling 1 sdm
- kecap asin 1 sdm
- bawang putih giling 1/2 sdm
- bawang bombay 1 bh rajang kasar
- bawang daun 1 btng rajang halus
- wortel 1 btng potong korek api
- sawi putih 4 helai potong halus 
- garam sejumput (karena gw gak suka asin, jadi sesuai selera aja)
- gula dan lada sejumput juga

cara membuat:
tempatkan pada mangkuk besar air di cambur telur, aduk rata kemudian tambahkan   gochujang. setelah warna merah dari   gochujang  rata masukkan tepung terigu dan diaduk rata lagi sampe gak ada yang menggumpal. adonan yang udah rata langsung di kasih seasong alias garem, gula dan lada. setelah rata baru sayuran yang sudah dipotong-potong di masukkan. dan potongan sayurannya musti selaras ya, kalo panjang-panjang semua harus panjang jangan ada salah satunya kotak. nanti jadi gak selaras gitu. nah sudah rata semua baru deh ambil tefon anti lengket. trus tiga tetes aja minyak sayurnya biar gak lengket yha. jangan lupa juga api kompor jangan heboh-heboh amat. pas udah anget tuang semua adonan dan ratakan. udah itu jangan digangguin dulu, tutup sebentar. pas udah bagian atasnya setengah kering adonan di balik. masak beberapa menit lagi hingga matang sampai kedalem. nah, ada perbedaan lo kalo ngegoreng pake minyak banyak sama minyak biar gak lengket aja, bedanya kalo minyakknya banyak hasilnya jadi kering dan kriuk kalo yang minim minyak matangnya kayak pancake beneran dan menurut gw lebih sehat. karena setegah di panggang gitu. 
udah itu angkat trus biarkan beberapa menit dan di pong-potong. kalo gw suka makannya pake acar ketimun yang ada cabe rawitnya. jadi seger banget dah.
akhirnya makasih deh buat Kim Shin Young yang udah ngenalin sama dadar sayur ini. dan masuk dalam salah satu daftar resep mudah dan favorit gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar